Berprestasi, terampil dan berbudaya berlandaskan keimanan dan ketakwaan
Indikator :
a) Berprestasi
Standard yang dijadikan patokan untuk dapat dikatakan berprestasi dalam kurikulum ini meliputi beberapa hal yaitu :
- Unggul dalam pencapaian NUAN;
- Unggul dalam LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja);
- Unggul dalam bidang olimpiade sains ekonomi, komputer dan olah raga;
- Unggul dalam meraih prestasi bidang olah raga dan seni
- Kompetitif dalam dunia kerja dan masuk Perguruan Tinggi
b) Keterampilan
Siswa
yang yang mengikuti pendidikan di SMA Negeri 1 Sikur, setelah lulus
diharapkan mempunyai keterampilan antara lain sebagai berikut :
- Keterampilan kecakapan hidup (life skill) berupa kemandirian dan keterampilan bekerjasama dengan kelompok masyarakat;
- Keterampilan kecakapan vokasional berlandaskan kearifan, potensi dan keunggulan lokal;
- Keterampilan berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan Bahasa Arab;
- Keterampilan mengoperasikan komputer dan jaringan.
c) Budaya Imtaq
Sebagai
lembaga yang berada ditengah-tengah komunitas muslim, pendidikan di SMA
Negeri 1 Sikur akan terus menanamkan nilai-nilai budaya yang sesuai
dengan budaya islami, yang akan diusahakan tercermin dalam prilaku siswa
dan warganya yang senantiasa dalam nuansa iman dan taqwa. Untuk itu
salah satu target kegiatan pendidikan di dalamnya adalah secara kontinu
dan terus-menerus mengembangkan budaya ini dengan mengacu pada beberapa
indikator perioritas antara lain :
- Membudayakan prilaku islami yang ditandai dengan berkembangnya budaya salam, senyum, kalimat thoyyibah dan membaca al-Quran;
- Mengembangkan budaya daerah sesuai dengan ajaran agama islam;
- Berbudaya bersih, indah dan disiplin.
B. Misi SEKOLAH
Sejalan
dengan Visi di atas maka SMA Negeri 1 Sikur terus berupaya melaksanakan
amanat masyarakat, lembaga dan pemerintah dengan mengemban misi yang
meliputi :
- Optimalisasi pemberdayaan potensi dan warga sekolah dalam proses pembelajaran dan pendidikan.
- Memotivasi berkembangnya kreativitas warga sekolah sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki;
- Mengembangkan keterampilan siswa yang bermanfaat bagi kehidupan diri, keluarga, masyarakat dan budaya.
- Meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan budaya daerah dan bangsa.
- Menerapkan manajemen partisipatif dari seluruh warga sekolah, komite sekolah dan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar